Tidak Sembarangan, Ini Ketentuan Desain dan Pemasangan Tiang Lampu Jalan


Tidak Sembarangan, Ini Ketentuan Desain dan Pemasangan Tiang Lampu Jalan
Penerangan jalan umum tidak hanya mempunyai fungsi penerangan saja, namun ada tujuan khusus dari pembangunan sistem PJU. Fungsi utama tiang lampu jalan memang untuk memberikan penerangan dan navigasi pada pengguna jalan. Selain fungsi tersebut, lampu penerangan jalan juga berfungsi untuk menambah keselamatan dan keamanan pengguna jalan, memperindah lingkung sekitar, dan juga memberikan keuntungan komersial sebagai papan media iklan.
Fungsi tiang lampu penerangan jalan yang bebeda-beda berimbas pada desain tiang yang berbeda-beda pula. Karena desain dan konsep tiang lampu jalan yang berbeda-beda, satu tiang lampu memungkinkan untuk mempunyai lebih dari satu fungsi atau kombinasi dari beberapa fungsi. Misalnya, tiang PJU mempunyai fungsi utama sebagai navigasi dan penerangan jalan, namun juga berfungsi untuk memperindah daerah tersebut.
Untuk memenuhi fungsi keamanan dan penerangan, lampu PJU harus mempunyai pancaran sinar yang terang namun tidak menyilaukan bagi pengguna jalan. Sedangkan untuk memenuhi fungsi keindahan, tiang PJU dibuat dengan bentuk tiang yang unik, warna yang bagus, dan juga bentuk luminer yang antik. Lalu, apa sajakah faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membuat desain tiang lampu jalan?

Faktor yang harus dipertimbangkan dalam desain tiang lampu jalan
Tiang lampu penerangan dibuat berdasarkan peraturan-peraturan tertentu. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar tiang penerangan lampu bisa berfungsi dengan maksimal.
·      Volume lau lintas – tiang penerangan lampu jalan harus mempertimbangkan perihal volume pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut termasuk pejalan kaki, pesepeda, dan lainnya.
·      Tipe jalan – misalnya persimpangan jalan dan juga mempertimbangan situasi atau layout jalan.
·      Pemilihan jenis lampu – jenis lampu yang digunakan haruslah terang dan tidak redup. Terutama pada daerah yang cenderung sepi pengguna jalan, lampu jalan harus terang.
·      Sumber listrik – ada dua jenis penerangan jalan bila dilihat dari sumber listriknya, yaitu penerangan dengan listrik dan cahaya matahari.
·      Biaya pemeliharaan – setelah pemasangan, lampu penerangan jalan perlu pemeliharaan berkala. Hal ini bertujuan untuk mengecek lampu yang padam atau ada hal-hal lain yang mengganggu kinerja lampu.
·      Rencana pembangunan jangka panjang di daerah tersebut. Bila nantinya akan ada pembangunan lebih lanjut, tiang lampu jalan tidak mengganggu ataupun perlu dipindahkan.




Dimana tiang lampu jalan sebaiknya dipasang
Selain faktor desain lampu jalan, pemasangan sistem penerangan ini juga tidak bisa sembarangan. Berikut ini beberapa tempat yang perlu dipasang tiang penerangan jalan.
·      Tempat dengan tikungan tajam atau kondisi lengkung horisontal.
·      Jalan dengan lebar yang bervariasi agar memudahkan pengendara untuk melihat kondisi jalan dengan baik. Hal ini termasuk jalan yang sempit.
·      Jalan layang, jalan bawah tanah, dan juga jembatan yang sempit.
·      Tempat yang luas seperti tempat parkir, persimpangan, dan sejenisnya.
·      Tempat yang berpohon atau sawah-sawah luas karena biasanya cenderung gelap pada malam hari.
Sebagian besar lampu penerangan jalan dibuat dengan sumber listrik, namun untuk daerah yang terpencil, sebaiknya menggunakan sumber penerangan dari cahaya matahari. Hal ini karena tiang lampu jalan yang menggunakan cahaya matahari membutuhkan lebih sedikit pemeliharaan atau penggantian komponen. Selain itu, jenis tiang lampu ini juga tidak perlu penggantian secara menyeluruh bila hanya salah satu tiang saja yang rusak.
Bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar, keberadaan lampu penerangan jalan sangatlah penting. Dengan adanya lampu penerangan, tidak ada lagi daerah yang gelap atau remang-remang yang bisa membahayakan pengguna jalan.


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com


Terima kasih. Salam Indonesia Terang.



Komentar

Postingan Populer