Mengenal Macam-Macam dan Fungsi Tiang Lampu Jalan


 Mengenal Macam-Macam dan Fungsi Tiang Lampu Jalan
Tiang Lampu Jalan dekoratif
Meskipun keberadaannya tidak banyak diperhatikan, namun tiang lampu jalan memberikan manfaat yang besar bagi pengguna jalan. Dengan adanya lampu penerangan jalan, pengendara, pejalan kaki, pesepeda, dan lainnya bisa melihat dengan jelas di malam hari. Adanya lampu penerangan jalan dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan pengguna jalan serta meminimalisir kecelakaan.
Tiang penerangan jalan umum tidak dipasang sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga distribusi cahaya lampu bisa melebar ke sepanjang sisi jalan. Sehingga kebutuhan tiang PJU bisa optimal. Selain itu, jarak antar tiang yang terlalu dekat menyebabkan pengadaan investasi menjadi tinggi, namun bila jarak antar tiang terlalu jauh juga menyebabkan pencahayaan yang tidak optimal.
Berbicara masalah penerangan jalan, biasanya tianglampu jalan dibuat dari bahan black steel yang berupa pipa dan plat. Bentuk lampu penerangan juga bervariasi ada yang satu dan dua cabang untuk penerangan maksimal. Berikut ini beberapa macam tiang lampu jalan yang sering digunakan di Indonesia.
Macam-macam tiang lampu jalan
·   Tiang octagonal – seperti namanya, tiang octagonal dibuat dengan 8 sisi. Tiang jenis ini biasanya dibuat dari plat baja yang kemudian diroll hingga membentuk 8 sisi octagonal dan dilas. Tiang ini kemudian dicelup dalam timah galvanis.
·       Tiang hexagonal – tiang hexagonal ini dibuat dengan proses yang sama seperti tiang octagonal hanya saja berupa 6 sisi. Plat besi yang digunakan digulung menjadi 6 sisi, dilas, dan kemudian dicelup dalam timah galvanis. 
·     Tiang dekoratif – tiang dekoratif biasanya dibuat dengan bentuk custom atau sesuai dengan permintaan. Ada yang dibuat melengkung atau ulir di bagian atas dan lain sebagainya. Bisa juga ditambah dengan ukiran atau logo-logo tertentu di bawah luminer lampu.
·      Tiang konvensional – tiang konvensional mempunyai bentuk pipa pada umumnya. Bentuk ini paling banyak digunakan karena simpel dan tidak perlu terlalu banyak detail.
Tiang Lampu Jalan Octagonal Dekoratif

Selain dari macamnya, tiang PJU juga dibedakan dari tipe bentuk lampunya. Ada tipe lampu single angel yaitu tiang dengan satu luminer lampu dan mempunyai sudut kemiringan 60 derajat. Kemudian ada tipe single parabola yang masih sama menggunakan satu luminer lampu namun bagian ujungnya melengkung.
Tipe lainnya adalah double angel dan double parabola yang merupakan bentuk yang sama dari dua tipe sebelumnya hanya saja mempunyai dua luminer lampu. Tinggi tiang PJU mempunyai tinggi yang bervariasi antara 6 hingga 13 meter. Tinggi tiang ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Pemasangan tiang PJU juga tidak boleh di sembarang tempat. Ada beberapa jalan yang boleh dipasangi tiang PJU dan ada yang tidak misalnya tempat tikungan, jalan berpohon, persimpangan, jembatan, jalan-jalan yang sempit, dan lain sebagainya.
Manfaat tiang lampu jalan
Selain mempunyai manfaat utama sebagai lampu penerang jalan, tiang PJU juga bisa digunakan untuk lampu traffic light, rambu lalu lintas tiang CCTV, tiang instalasi PLN, tiang Telkom, dan lain sebagainya. Apapun fungsi dari tiang lampu jalan, pemasangannya haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini karena tujuan yang berbeda mempunyai sistem penerapan yang berbeda pula. Jangan sampai pemasangan tiang lampu jalan tidak memberi banyak manfaat, malah memberikan dampak buruk bagi masyarakat sekitar.
Dengan berbagai macam tiang PJU, tidak heran bila pemasangannya bisa digunakan untuk memperindah jalan di sekitar sekaligus meningkatkan keamanan dari pengguna jalan.


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com



Terima kasih. Salam Indonesia Terang. 

Komentar

Postingan Populer