Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penangkal Petir


Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penangkal Petir

Penangkal Petir Merk Kurn

Anda pasti sering melihat bila di atap gedung atau bangunan hampir selalu ada tower atau tiang yang menjulang. Tiang atau tower tersebut bukanlah aksesoris gedung yang hanya dipasang untuk menambah keindahan saja, namun mempunyai fungsi sebagai penangkal petir. Mungkin beberapa dari kita banyak yang heran karena bagaimana bisa tiang di atas atap menjadi penangkal petir dengan intensitas bervariasi.
Pada dasarnya, penangkal atau konduktor petir adalah sebuah alat dengan sistem sederhana yang berfungsi untuk melindungi gedung atau bangunan dari cuaca yang berbahaya. Sebagaimana kita tahu, petir akan menyambar benda apapun yang ada dipermukaan bumi seperti gedung, pohon, tower, bahkan manusia dan hewan. Akibat dari sambaran petir juga tidak main-main misalnya pada gedung bisa menyebabkan kebakaran bahkan gedung bisa hancur, pada alat eletronika bisa rusak seketika, dan juga petir bisa membahayakan jiwa penghuni rumah atau gedung. Oleh karena itu, pemasangan alat penangkal petir dibuat bukan tanpa alasan.
Penemuan Penangkal Petir
Instalasi perangkat penangkal atau konduktor petir pertama kali dibuat oleh Benjamin Franklin pada abad ke-18. Konduktor petir yang pertama kali dibuat adalah terminal dari tembaga murni dan diarahkan ke langit. Terminal tersebut kemudian dihubungkan dengan kabel tembaga yang ditanam di tanah/bumi. Konduktor yang dibuat oleh Franklin pertama kali ini kemudian dikenal sebagai penangkal petir konvensional dan digunakan untuk menyelamatkan gedung dan bangunan hingga kini.
Komponen utama penangkal petir
Seperti yang sudah dijelaskan, konduktor petir merupakan sebuah sistem sederhana yang berfungsi untuk mengalirkan petir. Berikut ini adalah komponen utama yang selalu ada pada perangkat penangkal petir.
·      Tiang penangkal petir – tiang penangkal petir biasanya terbuat dari tembaga murni dengan ujung yang runcing dan dipasang bagian runcing menghadap langit. Posisi konduktor petir harus lebih tinggi dari gedung atau bangunan agar bisa bekerja dengan efektif. Tujuan tiang konduktor petir dibuat runcing adalah agar muatan listrik mudah terlepas karena ujung tiang yang dibuat runcing.
·      Konduktor – komponen kedua adalah konduktor atau kabel. Biasanya juga dibuat dari tembaga yang dipilin dengan diameter sekitar 1 cm. Fungsi utama konduktor ini untuk meneruskan aliran listrik yang diterima oleh ujung penangkal petir. Konduktor ini umumnya dipasang pada bagian luar bangunan dengan jarak beberapa sentimeter dari dinding gedung.
·      Grounding – bila diterjemahkan menjadi pembumian. Grounding adalah batang tembaga dengan lapis baja yang ditanam pada tanah. Panjang grounding biasnaya 2-3 meter dengan diameter 1,5 cm.

Foto Instalasi penangkal petir    
Cara kerja penangkal petir
Cara kerja konduktor petir menggunakan prinsik induksi muatan listrik, yaitu pemisahan antara muatan listrik (elektron) positif dan negatif. Sementara itu, ujung konduktor petir dibuat lancip karena bersifat melepaskan elektron muatannya.
Secara umum, petir adalah listrik statis yang bermuatan elektron positif sebagai hasil dari terbentuknya awan hujan. Sedangkan tiang konduktor petir mempunyai muatan elektron negatif setelah disambungkan dengan grounding melalui konduktor. Dengan muatan eletron negatif pada konduktor petir, maka petir akan terlebih dahulu diterima oleh tiang penangkal dan kemudian dialirkan ke bumi (grounding). Sehingga petir tidak secara langsung mengenai gedung dan bangunan.
Pemasangan konduktor petir ini sangat penting terlebih untuk daerah dengan intensitas hujan dan petir yang tinggi. Dengan adanya penangkal petir, potensi loncatan bunga api besar dan juga dampak kerusakan pada gedung dan perangkatnya bisa dikurangi.

Kami Selalu Siap Melayani Anda

Siska  0821-1094-6095 (phone)
           0857-6871-4893 (whatsapp)

rajapju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta. P: 021-6232-0285 , 021-2268-1213
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : rajapju.com


Terima kasih. Salam Indonesia Terang.

Komentar

Postingan Populer