Ternyata Ini Fungsi Penangkal Petir Pada Gedung Tinggi


Ternyata Ini Fungsi Penangkal Petir Pada Gedung Tinggi

Penangkal Petir di Gedung

Penangkal petir merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk setiap gedung. Seberapapun tinggi gedung atau bangunan, pemasangan tiang konduktor petir sangat penting untuk mencegah kebakaran atau konsleting akibat sambaran petir.
Pada dasarnya penangkal petir adalah rangkaian komponen dengan fungsi utama untuk menyalurkan sambaran petir ke permukaan tanah dan tidak berbahaya atau menyebabkan kerusakan pada benda yang dilewatinya. Sehingga keamanan bagi manusia dan peralatan di dalam gedung tetap terjaga dengan baik.
Pada saat cuaca mendung, air terminal yang ada di tiang konduktor petir akan bekerja menyerap eletron dan menetralkannya. Kemudian saat hujan, alat ini akan mengurangi intensitas sambaran petir. Namun untuk dataran tinggi, prinsip ini tidak berlaku karena intensitas sambaran petir yang memang tinggi. Sehingga tiang konduktor petir berfungsi sebagai umpan untuk sambaran petir.
Manfaat Pemasangan Penangkal Petir
Meskipun pemasangan tiang konduktor petir tidak bisa menjamin bila suatu bangunan akan bebas sambaran petir, namun setidaknya dengan adanya penangjal tersebut, intensitas sambaran petir bisa dikurangi. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengapa tiang konduktor petir sangat penting untuk bangunan dan gedung.
Menyalurkan arus petir
Fungsi tiang konduktor petir yang utama adalah sebagai alat penerima sambaran petir. Petir yang menyambar tiang penangkal membawa arus listrik yang sangat tinggi, sehingga harus segera disalurkan ke tanah atau bumi (grounding). Penyaluran aliran listrik ini melalui kabel penyalur khusus untuk mencegah lompatan listrik yang bisa membahayakan perangkat di dalam bangunan dan juga struktur bangunan itu sendiri.
Menangkap petir
Selain untuk menyalurkan arus petir, tiang konduktor petir juga mempunya fungsi untuk menangkap petir. Dengan adanya sistem penerimaan atau air terminal, tiang konduktor ini akan secara cepat menangkap sambaran petir lebih cepat dari benda lain di sekelilingnya. Sehingga tiang konduktor ini memberikan proteksi untuk benda di sekeliling dengan memperhitungkan besaran sambaran petir.
Disamping menangkap petir, tiang konduktor juga mempunyai fungsi untuk menampung petir. Setiap sistem konduktor petir pasti dilengkapi dengan grounding system dengan ketahanan tanah atau resistansi sebesar kurang dari 5 ohm. Dengan begitu, arus petir akan terserap oleh tanah tanpa terjadi step potensial.

Grounding Penangkal Petir

Proteksi grounding sistem
Selain memperhatikan resistensi dari sistem grounding, material yang digunakan untuk grounding juga menjadi perhatian. Untuk menghindari loncatan arus listrik saat ada beda potensial tegangan, maka gronding listrik harus dibuat dari material yang tidak korosif atau mudah berkarat. Sistem grounding juga harus dilengkapi dengan bonding sistem atau cara integrasi.
Proteksi jalur power listrik
Pemasangan tiang konduktor petir juga difungsikan untuk memberikan proteksi pada jalur power. Hal ini untuk mencegah terjadinya induksi saat terjadi sambaran petir dan untuk melindungi perangkat listrik, jaringan telepon, signal, dan juga perangkat eletronik lain.
Proteksi jalur eletronik
Tiang konduktor petir juga mempunyai fungsi untuk melindungi jalur dan perangkat eletronik. Untuk perlindungan pada perangkat eletronik seperti CCTV, mesin, dan lain sebagainya, tiang konduktor petir perlu dilengkapi dengan surge arrester electronic.
Saat ini ada dua jenis penangkal petir yang digunakan untuk gedung dan bangunan, yaitu metode konvensional dan metode radius. Setiap jenis penangkal ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pemilihannya perlu memperhatikan kebutuhan dari gedung atau bangunan. Dengan pemilihan jenis konduktor petir yang tepat, gedung dan bangunan beserta isinya bisa mendapatkan perlindungan saat petir menyambar.

Kami Selalu Siap Melayani Anda


Siska  0821-1094-6095 (phone)
           0857-6871-4893 (whatsapp)

rajapju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta. P: 021-6232-0285 , 021-2268-1213
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : rajapju.com


Terima kasih. Salam Indonesia Terang.

Komentar

Postingan Populer