Kriteria Pemasangan Tiang Lampu Jalan


Kriteria Pemasangan Tiang Lampu Jalan

Tiang Lampu Jalan
Banyak orang yang berpikir bila pemasangan tianglampu jalan hanya untuk tujuan penerangan saja. Nyatanya, tiang penerangan lampu jalan mempunyai fungsi yang besar untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Pemasangan tiang penerangan jalan diatur dalam undang-undang. Selain itu, Badan Standarisasi Nasional juga memberikan ketentuan spesifikasi tentang tiang penerangan lampu jalan. Karena hal inilah pemasangan penerangan jalan tidak bisa dilakukan sembarangan.
Berdasarkan BSN, ada beberapa fungsi tiang lampu jalan seperti menghasilkan kekontasan antara objek dan permukaan jalan, sebagai sarana meningkatkan keselamatan serta pengguna jalan pada malam hari, sebagai alat bantu navigasi, mendukung keamanan lingkungan, dan juga menambah keindahan jalan. Lalu, apa saja kriteria pemasangan tiang lampu jalan yang benar? Berikut penjelasannya.
Penempatan tiang lampu jalan
Kriteria pemasangan lampu jalan yang pertama adalah penempatannya. Penempatan tiang penerangan jalan harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
·      Penerangan yang merata
·      Kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.
·      Petunjuk dan arah yang jelas.
Selain itu, untuk pemasangan lampu penerangan jalan pasial, tiang penerangan jalan umum harus memberikan adaptasi yang baik bagi pengendara dan pengguna jalan sehingga efek silau dan tidak nyaman bisa dikurangi. Titik pemasangan lampu penerangan jalan juga harus tepat, tidak terlalu dekat dekat dengan suatu lokasi.

Lampu Jalan
Jenis dan kualitas lampu
Selain lokasi pemasangan, penerangan jalan umum juga harus memperhatikan jenis dan kualitas lampu. Tidak semua tiang penerangan jalan membutuhkan jenis lampu yang sama misalnya antara daerah rawan berkabut dan tidak. Meskipun lampu penerangan jalan mempertimbangan nilai ekonomi lampu, namun sebaiknya tidak mengurangi efektifitas lampu. Misalnya watt lampu yang digunakan tidak terlalu kecil sehingga sinar tidak cerah ataupun watt lampu terlalu besar sehingga sinar lampu terlalu menyilaukan.
Jenis tiang penopang lampu
Berdasarkan penopangnya, tiang lampu jalan dibagi menjadi dua jenis yaitu tiang lampu kaku dan tiang lampu mudah patah. Setiap jenisnya mempunyai fungsi dan penempatan yang berbeda-beda.
·      Tiang lampu kaku – tiang lampu kaku adalah tiang yang memang didesain tegar atau kaku dengan tujuan kuat menahan benturan. Penempatan tiang yang seperti ini terbatas karena membutuhkan ruang bebas untuk mengkombinasikan tiang dengan bangunan pengaman jalan.
·      Tiang lampu mudah patah – sesuai dengan judulnya, tiang lampu mudah patah adalah tiang yang didesain saat menerima benturan tidak menimbulkan kerusakan yang parah. Tiang jenis ini biasanya ditempatkan pada daerah-daerah ruang yang bebas namun sempit.
Perencanaan lain-lain
Perencanaan penempatan tiang lampu jalan memang tidak sembarangan. Ada beberapa kriteria lain yang harus diperhatikan seperti volume lalu lintas di sekitar daerah tersebut baik pengendara kendaraan bermotor, pesepeda, pejalan kaki, dan lain sebagainya. Selain itu, tipikal potongan jalan juga menjadi pertimbangan saat memasang tiang penerangan jalan umum misalnya persimpangan jalan, tikungan, dan sejenisnya.
Tiang penerangan jalan sekarang sudah dibuat dengan banyak variasi untuk menambah nilai estetik dari tiang dan juga lingkungan sekitar. Bila biasanya tiang dibuat dengan bentuk pipa biasa, sekarang sudah ada yang dibentuk octagonal atau hexagonal. Selain itu, tiang penerangan jalan umum juga banyak yang dilengkapi dengan ukiran atau luminer lampu yang unik dan artistilk. Bukan hal yang salah, namun sebaiknya tiang penerangan jalan tetap memprioritaskan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional. Sehingga fungsi utama dari tiang penerangan jalan bisa maksimal serta memperindah daerah di sekitarnya.


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com



Terima kasih. Salam Indonesia Terang. 

Komentar

Postingan Populer