Mengenal Jenis-Jenis Penangkal Petir


Mengenal Jenis-Jenis Penangkal Petir
Penangkal Petir Penting
Sebagai salah satu fenomena alam, keberadaan petir memang tidak bisa dihindari terlebih pada saat musin hujan. Sebenarnya petir terjadi karena perbedaan potensial di awan, bumi, dan awan lainnya. Petir biasanya menyambar benda-benda paling tinggi yang ada di bawahnya misalnya gedung atau bangunan bertingkat. Bila mengenai bangunan atau benda lain, tegangan listrik yang besar pada petir bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, gedung dan bangunan banyak dilengkapi dengan penangkal petir.
Penangkal petir adalah sebuah sistem sederhana yang berupa tiang lancip yang dipasang di atap gedung atau bangunan. Fungsi utama penangkal atau konduktor petir adalah untuk menangkal sambaran petir serta menampung dan menyalurkan arus petir. Sistem konduktor petir harus bisa melindungi struktur bangungan baik secara fisik maupun perangkat elektronik di dalamnya. Meskipun sebuah gedung tidak bisa dijamin seratus persen untuk bebas dari sambaran petir, namun keberadaan konduktor petir mampu mengurangi efek buruknya.
Konduktor atau penangkal petir sudah ada dari abad ke-18 saat Benjamin Franklin menemukan sistem alat konduktor petir yang pertama. Kemudian seiring berkembangnya teknologi, konduktor petir semakin berkembang menjadi beberapa jenis berikut ini.

Penangkal Petir Konvensional
Penangkal petir konvensional
Konduktor petir konvensional seperti yang dibuat oleh Benjamin Franklin sebenarnya bukanlah komponen dengan sistem yang rumit. Alat ini hanya berupa rangkaian jalur yang mempunyai fungsi sebagai penerima kilatan petir untuk kemudian diteruskan ke permukaan bumi. Tentu saja, tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya. Tiga alat utama dalam sistem penangkal petir ini adalah tiang konduktor petir, kabel konduktor, serta grounding atau pembumian.
Tiang konduktor petir biasanya terbuat dari bahan tembaga dan berbentuk runcing. Bentuk yang runcing tidak dibuat tanpa alasan, namun karena sifat muatan listrik yang mudah terkumpul dan terlepas pada ujung logam runcing. Tiang tembaga ini biasanya dipasang di bagian atap gedung. Bagian yang kedua adalah kabel konduktor yang juga terbuat dari tembaga dan mempunyai diameter sekitar 1-2 cm. Kabel konduktor ini berfungsi untuk meneruskan aliran listrik yang diterima tiang konduktor ke dalam tanah. Bagian lainnya adalah grounding yang terbuat dari tembaga dan berlapis baja. Grounding ini berfungsi untuk ‘mengubur’ aliran listrik dari petir ke dalam tanah.

Penangkal petir radioaktif
Penagkal petir radioaktif ini kurang populer dan tidak disarankan untuk digunakan. Cara kerja konduktor petir ini adalah dengan menggagalkan proses ionisasi dengan menggunakan zat beradiasi misalnya Radium 226 atau Ameresium 241. Kedua unsur ini dianggap bisa membuyarkan ion radiasinya dan menetralkan muatan listrik pada petir. Namun, metode ini dianggap berbahaya dan terlarang karena menggunakan unsur beradiasi.

Penangkal petir electrostatis
Berbeda dengan sebelumnya, konduktor petir electrostatic ini tidak terlarang namun kurang populer. Cara kerja penangkal petir elektrostatis ini adalah dengan meniru sebagian cara kerja dari metode konduktor petir radioaktif. Pada konduktor petir ini, penambahan muatan pada ujung splitzer atau finial bertujuan agar petir memusatkan sambaran pada ujung komponen ini. Namun pada konduktor petir elektrostatis ini komponen konduktor dan juga grounding tetap digunakan untuk mengubur aliran listrik.
Selain tiga jenis konduktor petir di atas, ada juga konduktor petir dengan metode EF Lighting Protection Sytem yang bekerja dengan menyalurkan aliran listrik menggunakan receiver dan kabel penghantar khusus. Dua komponen ini mempunyai sifat isolasi tegangan tinggi.
Dari keempat jenis penangkal petir di atas, yang paling banyak digunakan adalah sistem konvensional. Konduktor petir jenis ini relatif aman tanpa menggunakan bahan radioaktif namun mampu mengurangi resiko kerusakan karena sambaran petir.

Kami Selalu Siap Melayani Anda


Siska  0821-1094-6095 (phone)
           0857-6871-4893 (whatsapp)

rajapju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta. P: 021-6232-0285 , 021-2268-1213
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : rajapju.com


Terima kasih. Salam Indonesia Terang.

Komentar

Postingan Populer