Selain Untuk Penerangan, Ini Fungsi Lain Tiang Lampu Jalan

Tiang lampu merupakan salah satu komponen penerangan yang utama karena menjadi penyangga lampu. Ada banyak jenis tiang lampu jalan yang digunakan sebagai penerangan misalnya tiang lampu tunggal, tiang lampu parabola, tiang lampu double, dan sebagainya. Namun selain sebagai penerangan, tiang lampu juga mempunyai banyak fungsi yang lain. berikut ini penjelasan tentang fungsi lain tiang lampu jalan

Macam bentuk tiang lampu jalan

Tiang lampu jalan mempunyai banyak fungsi karena mempunyai banyak bentuk yang berbeda dengan bahan yang bervariasi. Umumnya tiang lampu berbentuk bulat pipa yang terbuat dari baja atau besi. Selain itu, ada pula jenis tiang lampu dengan bentuk oktagonal dan hexagonal. Tiang lampu jenis ini juga merupakan tiang lampu general purpose yang digunakan untuk berbagai kebutuhan selain penerangan. Jenis tiang lainnya adalah tiang high mast yang digunakan untuk area yang membutuhkan penerangan extra. 

Selain bentuknya, tiang lampu juga dibuat dari bahan yang berbeda. Umumnya tiang lampu digunakan dari bahan besi baja karena kokoh dan tidak mudah berkarat dan korosi. Bahan lain yang digunakan untuk tiang lampu adalah logam pipa yang biasanya digunakan untuk tiang PJU model klasik atau dekoratif. Tiang lampu dari logam pipa ini mudah dibentuk sesuai keinginan karena lebih ringan. Ada pula tiang lampu yang dibuat dari bahan pipa besi bulat yang juga banyak digunakan untuk model tiang dekoratif. 

Fungsi tiang lampu jalan

Fungsi umum tiang lampu adalah untuk penerangan jalan. Tiang lampu digunakan untuk menyangga lampu agar tidak jatuh dan bisa memancarkan sinar dari ketinggian. Ternyata selain untuk penerangan jalan, tiang lampu juga mempunyai fungsi lain sebagai berikut ini. 

Tiang lampu spotlight – tiang lampu spotlight atau lampu sorot biasanya menggunakan tiang lampu tipe high mast. Tiang lampu high mast digunakan untuk area yang membutuhkan pencahayaan luas seperti stadion, lapangan, dermaga, bandara, dan sebagainya. Biasanya tinggi lampu high mast ini lebih dari 10 meter dan mempunyai beberapa lampu sekaligus. 

Tiang jaringan telekomunikasi – tiang lampu juga banyak digunakan untuk tiang jaringan telekomunikasi. Fungsi tiang lampu sebagai penyangga kabel jaringan telekomunikasi agar tidak jatuh ke tanah. 

Tiang instalasi listrik – tiang lampu bisa digunakan sebagai tiang instalasi listrik. Biasanya tiang yang digunakan untuk penyangga instalasi listrik adalah tiang model bulat dan tingginya tidak lebih dari tiang lampu jalan. Pada tiang instalasi listrik biasanya dilengkapi dengan kotak untuk penyimpanan komponen listrik agar tidak rusak karena cuaca. 

Traffic light – tiang untuk rambu lalu lintas atau traffic light juga menggunakan jenis tiang yang sama dengan lampu jalan. Tiang untuk traffic light biasanya menggunakan tiang bentuk bulat dengan diameter yang lebih kecil dibanding lampu jalan. Selain itu, tiang traffic light mempunyai standar tinggi 3-4 meter saja. 

Tiang cctv – tiang yang sama juga bisa digunakan untuk penyangga cctv. Pada area tertentu yang membutuhkan kamera pengawas namun tidak ada tembok atau media datar bisa menggunakan tiang lampu jalan sebagai penyangga. Misalnya untuk kamera cctv di perempatan atau persimpangan jalan, bisa menggunakan tiang lampu jalan sebagai penyangga. Dengan begitu kamera pengawas bisa mendapatkan sudut pengambilan gambar yang terbaik. 

Tiang lampu jalan memang mempunyai banyak fungsi selain untuk penerangan jalan. Dengan pemilihan jenis yang tepat, tiang lampu bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan anda.

Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0811-1508-112

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website :     infotiangpju.com

Komentar

Postingan Populer