Keunggulan Tiang PJU Galvanis

tiang pju

Tiang penerangan jalan menjadi salah satu infrastruktur yang sangat penting. Oleh karena itu tiang lampu jalan harus dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Sehingga tiang penerangan jalan bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Ada banyak bahan yang digunakan untuk tiang PJU ini seperti stainless steel, besi baja, dan juga tiang galvanis. 

Diantara jenis tiang PJU dengan berbagai bahan, salah satu yang paling direkomendasikan adalah tiang lampu bahan galvanis. Pemilihan tiang PJU ini tidak dipilih secara acak namun mempertimbangkan banyak faktor seperti cuaca. Galvanis sendiri merupakan proses finishing pada tiang lampu bahan plat baja. 

Secara singkat, plat baja yang sudah dibentuk menjadi tiang bulat atau octagonal kemudian dilapisi dengan galvanis. Proses pelapisan galvanis ini juga tidak sebentar. Biasanya pelapisan galvanis membutuhkan waktu setidaknya satu minggu atau lebih untuk hasil yang lebih bagus. Dibanding dengan tiang jenis lain yang tidak dilapisi dengan galvanis, tiang galvanis ini mempunyai banyak keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan tiang lampu jalan galvanis. 

Lapisan galvanis

Seperti namanya, pipa galvanis menggunakan galvanis sebagai pelapis. Bahan ini terdiri dari dua komposisi zat yaitu alumunium dan seng atau zinc. Perbandingan bahan alumunium dan seng adalah 2% aluminium dan 98% seng. Tiang yang sudah dilapisi dengan galvanis akan berwarna perak atau abu-abu dan tidak mengkilap. Dengan lapisan tersebut, tiang galvanis mempunyai ketahanan terhadap cuaca lebih baik dibanding jenis tiang tanpa lapisan. Bahkan semakin tebal lapisan galvanis maka tiang juga akan semakin awet. 

tiang pju

Tahan korosi

Salah satu keunggulan tiang galvanis ini adalah tahan korosi atau karat. Lapisan seng dan alumunium membuat tiang PJU lebih tahan terhadap cuaca yang berubah-ubah. Tingkat anti korosi tiang galvanis ini berbeda-beda tergantung tebal lapisannya. Tiang lapisan galvanis dengan ketebalan 1 mikron biasanya bisa bertahan hingga 3 tahun. Untuk tiang galvanis dengan ketebalan lapisan 7 micron bahkan bisa anti karat selama 30 tahun. 

Tingkat ketebalan lapisan galvanis ini bervariasi mulai dari 1 micron hingga 9 micron. Ketebalan lapisan galvanis juga bisa disesuaikan dengan permintaan. 

Lebih awet

Proses pelapisan tiang baja dengan lapisan seng ini membuat tiang menjadi tahan korosi sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Tiang galvanis ini sangat cocok untuk penerangan jalan yang setiap harinya harus berhadapan dengan perubahan cuaca. PJU yang bertahan dalam jangka waktu yang lama juga lebih menguntungkan baik bagi developer maupun pengguna jalan. 

Hemat untuk pemakaian jangka panjang

Tiang galvanis memang mempunyai harga yang lebih mahal dari tiang lampu jalan tanpa pelapis. Namun mengingat tiang galvanis lebih awet, tahan karat, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu menjadikan harganya lebih hemat. Hal ini karena tiang lampu tidak perlu diganti dalam jangka waktu tertentu. Misalnya tiang lampu baja biasa dengan harga yang murah yang bisa bertahan hanya dalam waktu 5 tahun. Namun tiang lampu galvanis dengan harga yang sedikit lebih mahal bisa bertahan hingga 30 tahun. 

Pertimbangan ini menjadikan tiang lampu jalan galvanis lebih hemat untuk jangka panjang. Selain itu, tampilan tiang lampu galvanis juga lebih bagus dengan warna silver atau abu-abu natural tanpa perlu dicat lagi. Bagaimanapun juga PJU harus menggunakan tiang yang kokoh dan tahan lama agar bisa bertahan dalam waktu lama.

Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0811-1508-112

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website :     infotiangpju.com


Komentar

Postingan Populer