Mengintip Proses Pembuatan Tiang PJU

Produksi Tiang Lampu Jalan

Semua pengguna jalan menggunakan pencahayaan dari lampu PJU ketika malam hari. Lampu PJU menjadi infrastruktur yang sangat penting untuk pengguna jalan sehingga keberadaannya tidak bisa dihiraukan. Ada banyak jenis
tiang lampu jalan yang biasa digunakan seperti tiang lampu bulat, hexagonal, dan octagonal. 

Setiap tiang lampu mempunyai keunggulan meskipun fungsi utamanya untuk penerangan jalan. Desain tiang lampu jalan biasanya menjadi fokus pertimbangan karena berhubungan dengan nilai estetis. Namun siapa sangka bila proses pembuatan tiang PJU juga tidak sembarangan lho dan hanya dilakukan oleh orang yang sudah profesional dibidangnya. Berikut ini beberapa proses pembuatan tiang PJU. 

Menentukan desain

Sebelum memulai proses pembuatan tiang PJU, langkah awal adalah menentukan desain. Desain tiang PJU dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan seperti penempatan, kebutuhan pencahayaan, desain tata kota dan sebagainya. Misalnya desain untuk lampu PJU di jalan tol berbeda dengan tiang lampu yang ada di taman atau dalam kota. Kebutuhan penerangan menentukan jenis lampu, ukuran tiang, dan juga modelnya. 

Umumnya desain tiang PJU dibuat dengan tinggi 7 meter untuk model satu lampu. Tiang model ini dipasang di sisi kanan dan kiri jalan untuk penyebaran cahaya yang merata. Sedangkan untuk jalan tol, pelabuhan, atau lapangan yang membutuhkan pencahayaan lebih terang membutuhkan desain tiang lampu yang berbeda pula. 

Memilih bahan

Setelah membuat desain tiang PJU sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah memilih bahan. Tiang PJU umumnya digunakan dari bahan besi atau baja meski bisa pula menggunakan bahan lain seperti stainless. Namun untuk besi atau baja banyak digunakan karena kuat dan kokoh menopang beban lampu. Bila ingin awet dan tidak mudah berkarat, besi atau baja bisa dilapisi dengan stainless pada bagian luar. 

Ketika memilih bahan untuk tiang PJU, jangan hanya mempertimbangkan faktor harga yang murah saja. Hal ini karena tiang PJU harus dibuat dari bahan yang kuat dan berkualitas agar bisa berfungsi dengan maksimal. 

Proses pembuatan

Setelah desain dibuat dan bahan dipilih, kemudian proses pembuatan tiang PJU bisa dimulai. Proses pembuatan tiang PJU dimulai dengan membentuk besi baja dalam bentuk plat atau lembaran hingga berbentuk tiang sesuai model misalnya bentuk bulat, octagonal, atau hexagonal. Setelah itu tiang PJU dirakit menggunakan metode las hingga ketinggian yang diinginkan. 

Proses terakhir adalah pelapisan tiang PJU dengan metode hot dip galvanizing. Pelapisan dengan material galvanis ini bertujuan untuk melindungi tiang agar tidak mudah berkarat dan korosi. Durasi pembuatan tiang PJU bisa bervariasi tergantung dengan tingkat kesulitan dan jenis tiang yang diinginkan. 


Produksi Tiang Lampu Jalan

Finishing 

 

Setelah tiang PJU dilapisi dengan galvanis lalu dilanjutkan ke proses finishing. Tiang lampu PJU akan melalui proses pengecatan untuk menambah nilai estetisnya. Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan desain tata kota misalnya warna silver atau copper untuk tiang lampu model klasik. 

Setelah melalui proses pengecatan, tiang lampu jalan siap untuk dipasang pada lokasi yang sudah ditentukan. Pemasangan tiang PJU ini harus mengikuti standar yang sudah ditentukan pemerintah sehingga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang tiang PJU yaitu perizinan, lokasi pemasangan, dan cara pemasangan. Pemasangan tiang PJU harus mengikuti prosedur yang sudah ditentukan misalnya menggunakan metode kabel tanam atau underground dan metode kabel udara. 


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0811-1508-112

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website :     infotiangpju.com



Komentar

Postingan Populer