Psikologi di Balik Cara Kerja Rambu Jalan


Psikologi di Balik Cara Kerja Rambu Jalan


Setiap kali Anda meninggalkan rumah, hidup Anda bergantung pada rambu jalan. Anda mengerti mana yang penting dan mana yang bisa diabaikan. Agak gila. Tidak mengherankan, ada banyak penelitian mengenai rambu jalan, dan mereka menunjukkan pengetahuan yang mendalam tentang psikologi manusia.

Rambu Jalan Dirancang Sehingga Anda Tidak Terlalu Memperhatikannya
Ternyata, standar rambu jalan bukan hanya karena diatur oleh pemerintah, tetapi karena rambu jalan sebenarnya lebih efektif ketika Anda tidak terlalu fokus padanya. Bentuk standar membuat Anda cukup melirik tanda secara singkat, mengetahui maksudnya, dan kemudian kembali berkonsentrasi agar tidak menabrak siapa pun. Di alam bawah sadar, rambu jalan berfungsi seperti halnya merek – Anda mengerti apa yang diharapkan, sama seperti saat Anda melihat lambang McDonald's.

Bahkan, Ada Beberapa Tanda yang Dianggap Anda Pasti Mengabaikannya Sepenuhnya
Ada bebera tanda yang memberi tahu Anda bahwa ada tanda lain yang ada muncul, tercipta untuk memudahkan otak Anda, bahkan jika Anda tidak memperhatikannya. Ini disebut "priming kognitif" dan tujuannya untuk meningkatkan konsentrasi Anda dan mengurangi waktu respon Anda. Itu mungkin tampak jelas, tetapi para peneliti di Inggris telah membuktikan bahwahal ini bekerja dengan baik pada tingkat bawah sadar, bukan pada tingkat sadar. Dengan kata lain, Anda bahkan tidak perlu memperhatikannya secara khusus, Anda secara otomatis mengantisipasi kemunculannya.

Warna Lebih Berpengaruh
Sebuah proyek Jerman membandingkan reaksi terhadap berbagai rambu jalan berbeda – yang menunjukkan tingkat kecepatan Anda, dibanding dengan yang mengatakan "lambat" dalam warna merah. Pengendara yang melihat kecepatan mereka tidak melambat kecuali melewati ambang batas tertentu, karena secara psikologis, kebanyakan orang senang sedikit ngebut. Sedangkan tanda "lambat" merah besar memengaruhi hampir setiap pengendara, karena mereka tidak yakin seberapa banyak mereka melebihi batas.



Gambar yang Dinamis Mengirim Peringatan Khusus ke Otak Anda
Ada alasan kenapa rambu jalan menunjukkan anak-anak terlihat berlari atau berjalan - secara tidak sadar mengaktifkan bagian otak Anda yang memonitor gerakan. Sebuah studi menunjukkan bahwa gambar dinamis menarik perhatian Anda satu detik lebih cepat daripada gambar biasa. Mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pergerakan mata saat memindai area dari bahaya, memastikan waktu berhenti yang jauh lebih cepat.

Huruf Kapital dan Singkatan Membantu Pembaca
Penggunaan huruf kapital merupakan peretasan kognitif yang membantu Anda membaca lebih cepat. Kembali ke jaman dulu, ketika mobil berevolusi dari kereta tanpa kuda, huruf kecil dilarang keras pada rambu jalan. Akhirnya, para ilmuwan menemukan bahwa pikiran memproses informasi lebih cepat jika hanya ada beberapa huruf besar diselingi isyarat visual.

Pemerintah Amerika Serikat Baru Saja Mengubah Font Pada Rambu Jalan
Pernah bertanya-tanya apa font standar untuk rambu jalan di AS? Clarendon. Lalu kemudian, Highway Gothic adalah raja selama hampir setengah abad. Saat ini, fontnya diganti menjadi Clearview.
Penelitian telah lama menunjukkan bahwa Clearview tidak lebih baik atau lebih buruk daripada Highway Gothic – tetapi sesuatu tentang huruf kecil yang ukurannta terlalu besar memiliki dampak negatif pada seberapa mudah Anda dapat membaca di malam hari. Jadi, Highway Ghotic dipilih lagi.

Gambar mewakili 1000 kata. Pengguna kendaraan harus fokus dengan jalanan, maka jika ada informasi yang ingin disampaikan lewat rambu jalan harus dilakukan dengan efektif. Namun gambar pun bukan gambar sembarangan, agar pengemudi bukannya malah jadi terdistraksi.


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Hans  0858-8866-1313 
       

rajapju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta. P: 021-6232-0285 , 021-2268-1213
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : rajapju.com


Terima kasih. Salam Indonesia Terang.

Komentar

Postingan Populer