Berikut Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Tiang Lampu Jalan


Berikut Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Tiang Lampu Jalan

Salah satu hal penting dalam penataan kota adalah penempatan tiang lampu jalan. Banyak yang tidak menyangka bila tiang lampu jalan ini mempunyai peran yang penting pada tata letak dan keindahan kota. Tiang penerangan jalan pada dasarnya dirancang lebih tinggi untuk memudahkan penglihatan dan penyebaran cahaya yang lebih luas. Sekarang ini, tiang penerangan lampu jalan masih banyak yang dibuat dengan bentuk konvensional namun diberi tambahan ukiran atau warna yang unik untuk menambah nilai estetis.
Sebenarnya, apakah ada kriteria khusus yang harus diperhatikan saat memasang tiang lampu penerang jalan? Dalam hal pemasangan lampu jalan, memang ada standar khusus yang harus dipatuhi misalnya tinggi tiang, watt lampu, dan sebagainya. Namun, bila mengenai sisi estetik lampu jalan, tidak ada peraturan khusus namun sebaiknya aksesoris yang ditambahkan tidak mengurangi fungsi tiang penerangan lampu jalan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasang tiang lampu jalan.
Jenis jalan
Jalan di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya. Jenis jalan yang berbeda juga membutuhkan jenis lampu penerangan jalan yang berbeda pula. Perbedaan jenis lampu penerangan jalan berdasarkan macam jalan biasanya berpusat pada jenis lampunya. Misalnya untuk jalan kolektor dan lokal, digunakan lampu jenis lampu tabung fluorescent tekanan rendah. Sedangkan untuk lampu tol, persimpangan besar, dan arteri, digunakan lampu gas sodium tekanan tinggi (SON).
Sumber arus listrik
Tiang penerangan jalan umum dibedakan menjadi dua berdasarkan sumber arus listriknya. Yaitu menggunakan sumber listrik dan tenaga surya atau matahari. Sekarang ini sudah banyak tiang penerangan jalan umum yang menggunakan sumber tenaga surya karena lebih ramah lingkungan, minim perawatan, dan juga pembiayaan yang murah. Namun, tiang penerangan jalan yang menggunakan listrik juga masih banyak ditemui terutama di daerah yang jauh dari perkotaan.
Situasi daerah
Situasi di daerah juga menjadi salah satu faktor penting dalam pemasangan lampu penerangan jalan. Hal ini karena berhubungan dengan jenis lampu yang akan digunakan. Dengan pemilihan lampu yang tepat, maka tiang lampu jalan juga akan memberikan manfaat yang maksimal. Misalnya, bila suatu daerah cenderung berkabut, maka dibutuhkan lampu yang bisa menembus kabut. Bila tidak, lampu penerangan jalan akan sia-sia saja dipasang.



Kualitas produk dan instalasi
Kualitas tiang lampu jalan dan instalasinya harus diperhatikan. Jangan hanya ingin memburu harga murah, namun ternyata kualitas tiang tidak bagus. Hal ini karena tiang penerangan jalan akan digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama. Bila menggunakan produk dengan kualitas yang kurang bagus, maka akan semakin memperbesar pengeluaran yang dibutuhkan untuk perawatan lanjutan.
Perawatan lanjutan
Perawatan tiang penerangan jalan menjadi faktor pertimbangan yang penting. Intensitas perawatan tiang penerangan jalan umum bisa bervariasi tergantung dengan kualitas produk dan instalasinya. Namun secara umum, tiang lampu jalan perlu pengecekan secara berkala karena ada banyak faktor yang mempercepat kerusakan lampu seperti faktor alam, orang iseng yang sengaja melakukan pengrusakan, dan lain sebagainya.
Selain faktor-faktor di atas, faktor estetika juga menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Dengan tidak mengabaikan fungsi utamanya, tiang penerangan jalan bisa mempercantik jalan dan lingkungan sekitarnya. Misalnya menggunakan tiang dengan ukiran dan bentuk yang unik atau dengan menggunakan warna yang tidak biasa. Hal terpenting adalah fungsi dari tiang lampu jalan untuk memberikan penerangan ekstra bagi pengguna jalan bisa dipenuhi dengan baik.


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com



Terima kasih. Salam Indonesia Terang. 

Komentar

Postingan Populer