Kapan Harus Beralih dari Tiang PJU Listrik ke Tenaga Surya?

Tiang PJU
Tiang PJU

Tiang penerangan jalan umumnya menggunakan energi listrik dari PLN. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah banyak tiang PJU listrik yang diganti dengan PJU tenaga surya. Tiang penerangan jalan tenaga surya adalah PJU yang mengguankan tenaga panas matahari yang diubah menjadi listrik untuk menyalakan lampu. Sehingga tiang lampu PJU tenaga surya ini tidak menggunakan aliran listrik. 

Penerangan jalan tenaga surya ini dirasa mempunyai banyak keunggulan karena pastinya bebas polusi. Sumber daya yang digunakan bukan dari listrik yang dibuat dari bahan bakar fosil melainkan dari matahari yang disimpan dan diubah menjadi listrik. Energy yang dihasilkan oelh tenaga surya ini tidak terbatas sehingga selama sinar matahari tidak terhalang penerangan jalan umum bisa berfungsi dengan baik. 

Komponen tiang PJU tenaga surya

Komponen PJU tenaga surya tentu berbeda dengan PJU tenga listrik. Penerangan tenaga surya mempunyai penerangan yang lebih banyak dan tidak boleh terpisah agar bisa berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa komponen tiang PJU tenaga surya. 

  • Baterai – PJU tenaga surya mempunyai baterai untuk menyimpan energy listrik yang dihasilkan dari sinar matahari. Energy listrik yang disimpan di baterai ini bisa menyalakan lampu penerangan jalan hingga 12 jam. 

  • Panel surya – panel surya adalah komponen yang penting dalam PJU tenaga surya. Panel surya ini berfungsi mengubah panas matahari menjadi energy listrik. 

  • Tiang PJU – tiang PJU berfungsi menopang lampu dan komponen panel surya. 

  • Box panel – box panel digunakan untuk menyimpan komponen PJU tenaga surya seperti baterai dan panel kontrol. Box panel ini berbentuk kotak dengan ketebalam 2mm dan dilapisi dengan powder coating sehingga komponen PJU aman dari hujan. 

  • Lampu LED – jenis lampu LED ini banyak digunakan untuk penerangan jalan termasuk PJU tenaga surya karena lebih hemat energi. 

  • Controller PLTS – disebut juga dengan solar charge controller, SCC berfungsi untuk mengatur arus pengisian dan teganagan dari panel surya ke baterai. Controller ini berfungsi untuk mengatur agar baterai tidak mengalami over charging. Selain itu, SSC juga berfungsi untuk mengatur otomatisasi lampu jalan PJU. 

Tiang PJU

Kapan menggunakan tiang PJU tenaga surya?

Tiang PJU tenaga surya memang sedang banyak diminati namun kapan waktu yang tepat untuk mengganti tiang penerangan jalan listrik dengan tenaga surya? 

Mengingat keunggulan penerangan jalan tenaga surya ini adalah ramah lingkungan memang sudah sebaiknya bila penernagan jalan listrik diganti dengan tenaga surya. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengurangi konsumsi listrik yang dihasilkan dari energi fosil. Penggunaan energy listrik yang berkurang tentu juga membantu menghemat pengeluaran biaya untuk membayar tagihannya. 

Penerangan jalan umum tenaga surya ini cocok digunakan untuk daerah yang mempunyai akses listrik belum memadai. Meskipun sebagian besar wilayah Indonesia sudah mendapatkan aliran listrik  namun tetap saja ada banyak daerah yang mempunyai aliran listrik terbatas. Oleh karena itu tiang PJU tenaga surya bisa menjadi alternatif untuk memberikan penerangan pada jalan. 

Selain pada daerah dengan akses listrik kurang memadai, tiang PJU tenaga surya juga bisa digunakan pada daerah yang tidak memungkinkan dipasang jaringan listrik baik bawah tanah maupun udara. Keunggulan PJU tenaga surya ini tidak menggunakan jaringan listrik dengan kabel karena setiap tiang lampunya sudah bisa memproduksi energi listrik secara mandiri.

Kami Selalu Siap Melayani Anda

Hans  0858-8866-1313 

rajapju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta. P: 021-6232-0285 , 021-2268-1213
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : tiang.id


Terima kasih. Salam Indonesia Terang. 

Komentar

Postingan Populer