Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Tiang PJU


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Tiang PJU

 

Tiang PJU merupakan tulang punggung pencahayaan jalan. Jika salah dalam memilih tiang, maka ada peluang anda mengeluarkan biaya lebih banyak. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tiang PJU. Ada beberapa faktor untuk menentukan persyaratan tiang ketika memasang tiang PJU.

Tiang PJU

Tinggi pemasangan

Ketinggian diukur dari dasar tiang. Ketinggian ini bukanlah panjang tiang dan biasanya ditentukan oleh pihak berwenang setelah survei. Survei ini mengidentifikasi persyaratan jumlah tiang, jenis luminer dan jumlah luminer per tiang. Tinggi pemasangan optimal dihitung dengan mempertimbangkan keluaran cahaya dan distribusinya, serta geometri pemasangan. 

Jarak - Jarak yang diukur dari garis tengah sebuah jalan antara dua tiang berturut-turut. Rasio ketinggian ruang harus lebih besar dari 3 untuk mempertahankan keseragaman longitudinal.

Jangkauan - Ini adalah jarak horizontal antara bagian tengah kolom dan bagian tengah luminer. Pertimbangan estetika menentukan jangkauan.

Overhang - Jarak horizontal antara pusat luminer yang dipasang pada braket dan tepi jalan yang berdekatan. Overhang tidak boleh melebihi 1/4 dari ketinggian pemasangan untuk menghindari berkurangnya visibilitas trotoar, trotoar, dan rintangan.

 

Drag Coefficient

Sederhananya, drag coefficient (Cd) adalah resistensi suatu objek terhadap lingkungan fluida. Objek yang dirampingkan memiliki Cd lebih rendah dari benda tumpul atau sisi datar. Ini adalah faktor utama karena OTM (Over-turning bending moment) tergantung pada drag coefficient. OTM adalah momen lentur yang disebabkan oleh gaya angin yang bekerja pada tiang dan perlengkapan pencahayaan.

 

Area Proyeksi Efektif

Luminer dinilai dalam APE yang mengacu pada angin dari fixture atau objek berdasarkan bentuk geometrisnya.

 

Geometri Tiang, Bentuk, dan Gaya

Geometri tiang adalah dimensi dan bentuk fisik tiang. Bentuk paling umum digunakan adalah bulat persegi dengan potongan melintang. Beberapa produsen merancang tiang yang meruncing. Tinggi dan jarak tiang yang tepat memberikan distribusi cahaya yang seragam yang meningkatkan keamanan dan keselamatan.

 

Tiang Tinggi

Pencahayaan Tiang Tinggi adalah tiang tinggi tempat luminer dipasang di bagian atas yang menerangi sejumlah besar area. Tinggi biasanya sekitar 30 m dan berisi empat hingga delapan luminer dalam satu cincin. Pencahayaan Tiang Tinggi saat ini merupakan cara paling efisien dan hemat biaya untuk menerangi area yang besar seperti jalan raya, tempat parkir, alun-alun tol, dan persimpangan jalan.

 

Bahan Tiang PJU

Bahan tiang standar adalah aluminium, fiberglass, dan baja, dengan baja menjadi yang paling umum. Kadang terbuat dari beton, dan besi tuang. Namun, bahan ini jarang digunakan.

Instalasi Khusus

Peralatan bantu tertentu seperti kamera, spanduk, banner juga dipasang pada tiang.

 

Jenis Luminer

LED adalah masa depan, dan sebagian besar kota merenovasi luminer ini demi keuntungan mereka. Namun, watt dan tinggi luminer harus dihitung tergantung pada area proyeksi efektifnya. Meminimalkan silau bagi pejalan kaki dan pengemudi harus dipertimbangkan. Pilihan luminer harus memenuhi preferensi masyarakat dengan memperhaikan jalan dan lingkungan sekitarnya. Selain output cahaya yang optimal, lampu jalan harus kokoh, dapat diandalkan, dan tahan cuaca. 

 

Penerangan jalan adalah faktor penting karena beberapa alasan. Menerangi jalan meningkatkan keamanan di area seperti pintu, halte, dan jalan terisolasi. Ini membantu dalam orientasi geografis dan menyoroti titik penting. Opsi pencahayaan komersial yang tepat sangat penting, dan tiang PJU memainkan peran yang sama pentingnya. Pilihan tiang PJU akan menentukan seberapa bagus area outdoor yang terlihat.



Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com









Komentar

Postingan Populer