Manfaat dan Kriteria Pemasangan Tiang PJU


Manfaat dan Kriteria Pemasangan Tiang PJU
Tiang Lampu Jalan
Tiang PJU adalah salah satu komponen penting yang harus ada disetiap ruas jalan. Pengendara jalan bermotor, pejalan kaki, dan pengguna jalan yang lain semuanya mengandalkan penerangan dari tiang lampu jalan pada malam hari. Tiang lampu jalan ini memberikan banyak manfaat untuk pengguna jalan tanpa terkecuali.
Meskipun fungsinya sangat penting, nyatanya masih ada beberapa tempat yang tidak dilengkapi dengan tiang penerangan jalan. Oleh karena itu jalan tersebut menjadi gelap dan menyebabkan pengguna jalan kurang nyaman bila melintas di jalan tersebut. Tiang penerangan jalan umum  terdiri dari berbagai macam jenis misalnya tiang lampu jalan dengan satu atau dua lampu, tiang lampu tenaga surya, dan sebagainya. Setiap jenis tiang lampu mempunyai fungsi yang secara umum sama yaitu untuk penerangan jalan dan aera tertentu.
Manfaat Tiang PJU
Meskipun setiap kendaraan sudah dilengkapi dengan lampu, namun ketika berada di jalan tetap membutuhkan pencahayaan tambahan. Berikut ini beberapa manfaat tiang penerangan jalan umum.
·      Penerangan – Fungsi tiang PJU yang utama adalah untuk penerangan. Penerangan dari tiang lampu jalan tidak hanya dibutuhkan oleh pengguna kendaraan bermotor saja tapi juga para pejalan kaki dan juga pengguna jalan yang lain. Adanya penerangan jalan membantu semua pengguna jalan agar bisa melihat keadaan jalan dengan lebih jelas.
·      Memberikan rasa aman – Selain memberikan penerangan, tiang PJU juga memberikan rasa aman bagi pengguna jalan. Di zaman dimana kejahatan sangat rawan terjadi, jalanan dengan lampu yang terang bisa membuat orang lebih mudah beraktivitas tanpa rasa takut.
·      Navigasi pengguna jalan – Bagi pengguna kendaraan bermotor, lampu dari kendaraan biasanya tidak cukup terang. Oleh karena itu membuat pengendara kesulitan melihat kondisi jalan. Dengan adanya tiang PJU, pengendara bisa melihat dengan baik kondisi jalan apakah ada lobang, belokan, dan juga rintangan yang lain.
Kriteria pemasangan tiang PJU
Tiang Lampu Jalan
Tiang PJU memang mempunyai fungsi yang banyak. Meskipun begitu, pemasangan tiang lampu jalan ini tidak sembarangan. Ada aturan-aturan khusus yang harus diterapkan dalam setiap pemasangan lampu penerangan jalan.
Kriteria pemasangan tiang PJU yang utama adalah jarak pemasangan. Tiang lampu harus dipasang dengan jarak yang tepat agar cahaya bisa tersebar dengan baik dan tidak terkumpul dalam satu titik. Selain itu, dengan jarak pemasangan yang tepat tidak ada area gelap diantara tiang. Oleh karena itu pengendara kendaraan bermotor bisa berkonsentrasi saat mengemudi dan pejalan kaki bisa melewati jalan tesebut dengan aman. Pemasangan tiang yang tepat bisa menjadi investasi yang bermanfaat karena tidak sekedar membayar listrik setiap bulan namun juga memberikan manfaat bagi masyarakat.
Kriteria lain dalam pemasangan dan jual tiang PJU adalah jenis lampu yang digunakan. Ada banyak jenis lampu yang bisa dipilih untuk penerangan jalan umum, namun sebaiknya tetap memperhatikan faktor-faktor lingkungan. Misalnya di daerah yang berkabut, jenis lampu yang digunakan harus bisa menembus kabut. Selain itu, cahaya lampu yang digunakan juga tidak boleh terlalu terang karena bisa mengalihkan perhatian pengguna jalan namun lampu tetap bisa menerangi jalan dengan maksimal.
Pemilihan jenis tiang juga harus diperhatikan karena nantinya tiang akan dipasang di jalan dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah. Oleh karena itu sebaiknya tiang PJU dan jenis lampunya mampu bertahan dalam segala kondisi cuaca dan dalam waktu yang cukup lama.


Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com



Terima kasih. Salam Indonesia Terang. 

Komentar

Postingan Populer