Keunggulan Tiang Lampu Jalan Tenaga Surya


Keunggulan Tiang Lampu Jalan Tenaga Surya


Keberadaan tiang lampu jalan memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Penerangan yang layak memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengguna jalan untuk beraktivitas di daerah tertentu. Secara umum, tiang lampu jalan menggunakan instalasi dengan aliran listrik dari PLN. Namun penggunaan tiang PJU yang seperti ini cukup mengganggu karena masih menggunakan kabel-kabel. Selain itu, banyak yang menyadari bila tiang PJU dengan kabel juga menimbulkan pemborosan karena pemerintah harus membayar tagihan listrik yang tidak sedikit.
Sebagai solusi untuk dua masalah tiang lampu jalan tersebut, sekarang ini sudah banyak tiang PJU konvensional yang diganti dengan tiang lampu jalan tenaga surya. Sebagai negara tropis, negara kita mendapatkan suplai sinar matahari sepanjang tahun dengan intensitas yang banyak. Selain itu, sinar matahari sebagai tenaga surya mempunyai sifat yang tidak terbatas dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan manusia. Berikut ini beberapa keunggulan tiang PJU tenaga surya.

Menghemat biaya operasional
Tiang lampu jalan konvensional membutuhkan aliran listrik sebagai sumber energinya. Sehingga bila rata-rata lampu jalan menyala setidaknya 10 hingga 12 jam perhari. Bisa dibayangkan berapa tagihan listrik yang harus dibayar pemerintah untuk menerangi satu kota?
Matahari adalah salah satu sumber energi terbesar di tata surya yang bisa digunakan untuk menghidupkan lampu jalan. Energi matahari ini jelas gratis dan bisa digunakan sebanyak yang diperlukan tanpa harus membayar tagihan. Menggunakan PJU tenaga surya berarti memangkas biaya untuk tagihan bulanan dan juga penggunaan kabel. Sehingga biaya operasional tiang lampu jalan bisa dihemat tanpa mengurangi fungsi aslinya.

Ramah lingkungan
Banyak orang yang beralih menggunakan tenaga surya dalam berbagai aktivitas sehari-hari karena ramah lingkungan. Untuk menghasilkan tenaga listrik dari tenaga surya tidak diperlukan bahan bakar fosil, hanya menggunakan panel surya saja. Sehingga tiang PJU lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan listrik konvensional.

Tidak khawatir pemadaman listrik
Karena tidak menggunakan listrik dari PLN, tiang lampu jalan tenaga surya tetap bisa menyala meski sedang ada pemadaman listrik atau dalam kondisi cuaca tertentu sepertu angin kencang atau hujan lebat. Selain itu, tiang lampu ini juga cocok dipasang pada wilayah terpencil dengan aliran listrik yang belum stabil. Bagaimanapun juga, semua masyarakat perlu mendapatkan penerangan yang cukup pada malam hari agar aktivitas mereka bisa berjalan dengan lancar.



Menyala dan mati secara otomatis
Salah satu manfaat dari tiang lampu dengan tenaga surya adalah bisa menyala dan mati secara otomatis pada mala atau sore hari dan mati pada pagi harinya. Sistem ini sangat praktis untuk daerah-daerah yang tidak ada penduduknya namun tetap perlu mendapatkan cahaya tambahan seperti jalan tol agar pengguna jalan aman.
Daya sinar lampu yang dikeluarkan bervariasi tergantung dengan seberapa banyak sinar matahari yang dikumpulkan saat pagi dan siang. Dalam cuaca yang cerah sepanjang hari, tiang lampu jalan tenaga surya bisa bertahan selama 8 hingga 10 jam. Namun kondisi ini bisa berbeda bila cuaca mendung dan sinar matahari sedikit. Pada kondisi ini, sinar lampu yang dihasilkan juga tidak maksimal karena kurangnya energi dari sinar matahari.
Tiang lampu jalan tenaga surya kini sudah banyak diterapkan terutama di perkotaan karena memang terbukti bisa menghemat pengeluaran biaya operasional dan juga menghemat penggunaan listrik. 

Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly  0812-9628-7105

infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com




Terima kasih. Salam Indonesia Terang. 

Komentar

Postingan Populer