Ini Pentingnya Tiang Lampu Penerangan Jalan



Tiang Lampu Jalan
Tidak banyak yang memberi perhatian pada tiang lampu jalan, namun bila keberadaannya tidak ada, akan membuat susah banyak orang. Tiang penerang lampu jalan adalah penerangan yang ada di tepi jalan untuk memberikan pencahayaan ekstra. Meskipun tidak banyak mendapat perhatian, tanpa tiang lampu jalan ini akan meningkatkan resiko kecelakaan pada pengguna jalan.
Meskipun setiap kendaraan sudah dilengkapi dengan lampu namun lampu jalan memberikan pancahayaan ekstra pada daerah sekitar. Dengan adanya lampu penerangan jalan, pengendara bisa memperkirakan seberapa cepat laju kendaraan dan penyeberang jalan juga bisa melihat dengan jelas bila ada pengendara kendaraan bermotor. Berikut ini adalah beberapa manfaat tiang lampu penerangan jalan yang seringkali terlupakan.
Navigasi pengguna jalan
Manfaat utama dari tiang lampu jalan adalah menjadi navigasi pengguna jalan. Bila difungsikan sebagai navigasi pengguna jalan, lampu jalan harus mempunyai beberapa kriteria tertentu seperti lampu yang terang dan tidak silau. Selain itu, lampu juga harus tidak memengaruhi warna dari objek disekitarnya. Ketinggian tiang lampu jalan juga harus pas, tidak terlalu tinggi ataupun rendah karena akan mempengaruhi pancaran sinar lampu.
Keselamatan dan keamanan pengguna
Lampu jalan juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan keseamatan dan keamanan pengguna jalan. Namun, untuk manfaat ini, sianr lampu jalan harus mampu menebus kabut. Intensitas batas cahaya lampu harus kuat hingga menembus kabut namun masih aman untuk pengguna jalan. Selain itu, lampu jalan juga membantu pengendara untuk melihat lebih baik jalan didepannya seperti jalan yang berlubang, tanjakan atau turunan, ada orang yang menyeberang, dan lain sebagainya.


Keindahan lingkungan
Tiang lampu jalan juga mempunyai fungsi menambah keindahan. Biasanya lampu jalan dengan fungsi ini mempunyai bentuk dan tampilan yang artistik. Seperti menggunakan kap lampu atau luminer yang unik dan juga menggunakan pola atau ukiran artistik pada tiang lampu. Selain itu, penggunaan warna yang unik juga menambah keindahan pada lingkungan seperti warna tembaga, rose gold, silver, dan lain sebagainya. Bentuk tiang lampu yang seragam dan penempatan yang rapi juga menambah keindahan pada linkungan sekitar.
Keuntungan komersial
Dibeberapa tempat yang strategis, lampu penerangan jalan bisa jadi menjadi sarana untuk keuntungan komersial. Biasanya iklan atau promosi akan ditempel di tiang lampu. Yang terpenting bila tiang lampu djadikan tempat keuntungan komersial, sebaiknya diletakkan pada tempat yang strategis.
Meskipun banyak tiang listrik yang diproduksi untuk menambah keindahan pada jalan dna taman, namun sebaiknya tetap memperhatikan masalah fungsi utamanya yaitu sebagai penerangan jalan. Tanpa adanya lampu penerangan jalan, beberapa jalan akan terlihat sangat gelap dan berbahaya untuk dilalui karena jarak pandang yang pendek.
Sekarang ini sudah banyak lampu jalan yang dipasang di berbagai daerah. Ada yang berbentuk konvensional dan ada pula yang berbentuk artistik. Bila dahulu lampu jalan menggunakan listrik sebagai sumber pencahayana utama, namun sekarang sudah banyak lampu jalan yang menggunakan cahaya matahari. Lampu jalan dengan tenaga matahari sudah mulai banyak diterapkan di Indonesia sebagai upaya untuk menghemat penggunaan listrik.
Manfaat tiang lampu jalan sangat besar bagi keselamatan dan keamanan pengguna jalan, namun masih saja keberadaanya menjadi sasaran oknum usil yang dengan sengaja merusak lampu jalan. Sudah menjadi kewajiban kita dan pemerintah untuk selalu merawat tiang penerangan jalan agar keberadaannya bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Kami Selalu Siap Melayani Anda

Siska  0821-1094-6095 (phone)
           0857-6871-4893 (whatsapp)

rajapju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta. P: 021-6232-0285 , 021-2268-1213
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : rajapju.com


Terima kasih. Salam Indonesia Terang.


Komentar

Postingan Populer