Proses pembuatan tiang PJU

Proses pembuatan tiang PJU

Seperti yang kita ketahui manfaat dari tiang penerangan jalan yang sangat berguna sekali dalam kehidupan kita sehari-hari, khususnya malam hari. Perlu diketahui bahwa tiang PJU merupakan struktur penting dari lampu penerangan jalan umum. Namun jarang sekali menjadi perhatian dan luput dari pantauan kita sebagai masyarakat pada umumnya. Sebelum mengetahui proses pembuatan tiang PJU ada baiknya kita mengenal lebih dekat dengan bentuk dari masing-masing tiang penerangan jalan umum (Tiang PJU) yang nantinya harga tiang pju dan distributor tiang pju juga mengambil peran yang cukup penting dalam penyaluran tiang lampu jalan hingga terpasang.


Tiang lampu jalan mengalami perubahan dari masa ke masa, Dahulu kita mengenal tiang bulat atau saat ini banyak yang menyebutnya dengan tiang konvensional, Tiang jenis bulat masih banyak dipakai dan sangat mudah kita temui disekitar kita, tiang jenis ini pun masih banyak dipakai sebagai tiang PLN, kabel fiber optik dan lain-lain.



Jaman berubah dan perubahan pun ikut mempengaruhi desain pada tiang penerangan jalan umum (PJU), tiang yang tadinya hanya ada bulat mengalami perubahan menjadi tiang 6 sisi atau hexagonal, dimana setiap sudutnya menjadi kekuatan sendiri bagi tiang penerangan jalan umum (PJU) itu sendiri.




Sekarang ini lebih banyak kita jumpai tiang dengan 8 sisi atau yang lebih sering disebut dengan oktagonal, tiang penerangan jalan umum/ tiang pju ini bukan hanya menjadi tiang PJU saja, namun banyak juga yang menjadikannya sebagai tiang CCTV, Tiang lampu sorot, tiang penangkal petir dan lain sebagainya.



Proses sebuah tiang PJU pastinya memerlukan bahan dasar, dan bahan dasar dari sebuah tiang penerangan jalan adalah besi baja plat.



Bahan dasar sebuah tiang penerangan jalan (PJU) dari plat besi baja akan dipotong dan di sesuaikan dengan mesin shearing plate tentunya mengikuti dengan diameter standar tinggi sebuat tiang PJU yang biasanya tinggi sebuah tiang pju 6 meter sampai dengan 13 meter.




Setelah bahan dasar sebuah tiang penerangan jalan sudah di potong maka, dilakukan sistem tekuk menggunakan mesin bending plate, dapat menjadi Hexagonal (6sisi) atau Oktagonal (8 sisi).



Setelah mendapatkan ukuran, diameter dari sebuah tiang penerangan jalan (tiang PJU) yang di inginkan maka dilanjutkan dengan pengelasan dan juga proses finishing.



Setelah telah menjadi sebuah tiang PJU, maka proses selanjutnya adalah hot dip galvanizing, yang bertujuan proteksi terhadap material yang sifatnya korosif, memberikan tampilan yang lebih menarik dan mempermudah terhadap perawatan.




Demikian sedikit gambaran bagaimana sebuah proses produksi dari tiang penerangan jalan umum (tiang PJU), yang sering kali luput dari pantauan kita sebagai masyarakat pada umumnya. Semoga sebagai masyarakat umum kita bisa dan dapat perduli dengan tiang penerangan jalan umum, sebagai infomasi tambahan tiang PJU disamping milik Negara, pemerintahan kota, pemerintahan kabupaten dan daerah, ada pula yang menjadi tanggung jawab dari swasta, contoh pengembang, pabrik dan masih banyak lagi. Segera informasikan kepada pihak-pihak terkait jika sebuah tiang penerangan jalan sudah dianggap tidak layak lagi.

Terima kasih. Salam Indonesia Terang.

Seluruh produk dan mesin yang ada dalam artikel ini adalah milik PT Mido Jaya Bersama, untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Lelly 0812-9628-7105
infotiangpju@gmail.com


Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta

Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang Banten



      Official Website : infotiangpju.com 

Komentar

Postingan Populer