Sejarah Tiang PJU

Sejarah mencatat tiang penerangan jalan umum pertama kali diterapkan pada tahun 1884 di Rumania. Ada sebanyak 731 tiang lampu jalan yang terpasang di jalan-jalan seluruh pelosok Rumania. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan akan lampu penerangan jalan umum telah ada sejak dulu kala. Tiang penerangan jalan umum ini bermanfaat untuk meningkatkan keamanan, terutama terhadap kriminalitas dan meningkatkan jarak pandang ketika berkendara pada malam hari.



Seiring dengan meningkatnya peradaban manusia, maka kebutuhan akan tiang lampu jalan pun semakin meningkat. Wilayah perkotaan yang meluas dan pertumbuhan jumlah jalan raya mengharuskan tiang penerangan jalan untuk ikut bertambah termasuk kebutuhan tiang pju jakarta yang kian hari semakin bertambah. Hal ini berarti penambahan yang besar pula bagi kebutuhan listrik.

Saat isu mengenai penghematan energi mencuat, lampu jalan muncul sebagai salah satu objek penghematan. Salah satu alternatif yang digunakan adalah mengganti lampu merkuri dengan lampu LED yang hemat energi. Adalah Jepang, negara pertama yang mengaplikasikan LED sebagai tiang lampu jalan di wilayah Osaka pada awal 2000-an. Hal ini terbukti menurunkan konsumsi listrik sebesar 80% di wilayah tersebut.


Kemudian alternatif kedua muncul ketika teknologi solar cell mulai berkembang. Selain diterapkan di rumah-rumah, solar cell juga diterapkan di tiang lampu jalan sebagai alternatif sumber energi. Dengan digunakannya solar cell sebagai sumber energi tiang lampu jalan, maka tiang lampu jalan pun tidak memerlukan listrik dari pembangkit listrik konvensional lagi.


Ketika kedua alternatif ini menjadi satu(digabungkan), tiang lampu jalan tenaga surya pun menjadi sebuah ajang penghematan listrik yang efektif.


Sedangkan di Indonesia sendiri tercatat Mekar Jaya merupakan pembuat tiang PJU sudah ada di Kenari Lama sejak tahun 1968, yang saat ini bernama PT. Mido Jaya Bersama (MJB)

PT. Mido Jaya Bersama (MJB) produksi tiang pju bulat, oktagonal, hexagonal, tenaga surya dan tiang listrik, proses produksi dimulai dari membentuk tiang pju 6 sisi, 8 sisi, bulat dari plat besi roll, dilas dan dicelup kedalam timah galvanis.


PT Mido Jaya Bersama Produsen Tiang PJU, Octagonal, Hexagonal, Bergaransi
Hubungi Kami
Kami Selalu Siap Melayani Anda

Lelly 0812-9628-7105
Office : LTC Glodok Lt 1 Blok C38 No.5 Hayam Wuruk Jakarta
Manufacturing : Lembang Sari Kebon Kelapa Kp. Guha No. 13, Kec. Rajeg Tangerang – Banten

Official Website : infotiangpju.com


Terima Kasih

Komentar

Postingan Populer